14 September 2009

HEBOH! Poster Film Jiplakan

Kayaknya bukan negara Indonesia deh kalo nggak ada yang namanya ngejiplak. Udah lagu kayak D'Masiv; Sinetron Kayak Buku Harian Nayla, eh, sekarang poster film. Astoviwo, gug kreatif banget sih. Nih, gue kasih daftar POSTER JIPLAKAN film Indonesia yang gue rangkum dari beberapa sumber plus ada satu temuan jiplakan baru yang nggak ada di site lain. Dan tertawalah!

1. SELAMANYA jiplak PRIDE & PREJUDICE



2. ROH jiplak THE PRESTIGE



Lebih bagusan versi Originalnya deh.

3. HANYA UNTUKMU jiplak DITTO (Film Korea)



Well, seperti yang kita tahu, sebelum filmnya beredar, poster garapan Rizal Mantovani ini sempat bikin geger. Jadi sebelum masalah semakin membesar, akhirnya pihak MAXIMA Pictures mengganti poster plus judul film yang dibintangi BCL ini dengan ADA KAMU, AKU ADA.



Ini poster film hasil revisi yang resmi beredar. Bagus banget kan?


4. TALI POCONG PERAWAN jiplak THE HEIRLOOM (Film Taiwan)



5. SETAN BUDEG jiplak THE WIG (Film Korea)



Sedikit hal bodoh yang dilakukan sang pembuat poster film ini selain menjiplak poster orang, adalah kesalahan dalam mengedit gambar telinga. Coba perhatikan sebuah telinga yang terletak disebelah pisau adalah telinga kanan. Tapi setelah gambar beralih ke pundak si cewek, kenapa terdapat tetesan darah di bagian kiri? Apakah kedua telinga si cewek itu putus semuanya? Lalu kenapa yang diperlihatkan cuma satu telinga?. Mmm, cuma tuhan yang tahu.



Beberapa sumber juga sempat mengatakan kalau poster film ini hampir sama dengan THE UNBORN. Tapi kalau mau diteliti lagi, justru THE WIG yang lebih memiliki banyak kesamaan. Mungkin karena The Wig hanya beredar di Korea saja kali ya?.


6. POCONG vs KUNTILANAK jiplak FREDDY vs JASON



Mirip nggak seh? Gue masih sedikit ragu. Kalau dilihat-lihat lagi, kayaknya poster film FREDDY ini dijiplak BRIDE WARS-nya Kate Hudson deh karena sama-sama memperlihatkan sepasang gambar tokoh yang saling menghunuskan senjata pada tokoh didepannya.



Menurut lo gimana? apa karena genre yang diambil sama aja kali ya? Haha..

7. RASA jiplak CLOSER



Sama kayak kasus film ADA KAMU, AKU ADA. Cuman kelebihannya, film RASA tak mengalami perubahan judul. Yes-iyes lah! Orang kalo judulnya diubah, seluruh struktur film juga kudu diubah. Karena judul RASA sangat berkaitan erat dengan filmnya. Hmm, sayangnya poster versi baru jelek mampus. Beda sama film nya BCL yang artistik. Poster Rasa terkesan biasa saja. Flat abis.



Ini tiga poster yang beredar. tapi kenapa dari semuanya, pihak Magma Pictures lebih memilih poster nomer tiga untuk diedarkan secara resmi. jelas kalo dilihat-lihat lagi, dua poster sebelumnya lebih keren.

8. PULAU HANTU 2 jiplak LOST SEASON 2



Kayaknya nggak mirip-mirip banget deh. Andai saja pihak MVP mau mengganti background pohon-pohon dengan gambar semacam wujud setannya (ingat, seperti poster pada sekuel pertama) pasti akan beda ceritanya.

9. LOVE jiplak LOVE ACTUALLY



Menurut gue sih remake film CINTA dari Malaysia ini posternya lebih mirip BABEL dari segi font yang digunakan. cuma beda warna aja kali ya. Di BABEL warna font putih dengan background hitam, kalo LOVE sebaliknya. Cuman sayangnya poster yang diedarin resmi lebih mirip iklan provider plus handphone merek N****A daripada sebuah poster film kalau saja nggak ada credit pemain dan kru dibawah. Lalu kenapa banyak orang yang nyama-nyamain film ini sama film LOVE ACTUALLY itu ya? Mungkin karena tema yang diangkat sama (persis) kali ya. Who knows?



And now, compare with this:



Kalo dilihat-lihat lagi, kayaknya poster Love ini lebih mirip versi asli Malaysia-nya deh. Kan sapa tau daripada mikir-mikir lagi, mending disamain ajah semua dari mulai film, sutradara dan posternya. Hehe..



Poster resmi yang lebih mirip iklan provider.

10. KALA jiplak THE SKELETON KEY



Hmm gue juga ragu kalo poster film ini dibilang jiplakan. Secara, sebelum ada film THE SKELETON KEY beredar--bahkan sesudahnya, banyak film dengan jenis poster seperti ini. Film The Eye misalnya. Cuman mungkin karena kesamaan gradasi warna kali ya. Whatever deh.



Contoh poster yang mirip film THE SKELETON KEY.

10. NAMAKU DICK jiplak HOT CHICK




11. CINTA TIA MARIA jiplak CITY OF ANGELS



I think, poster film nomer sepuluh dan sebelas (yang kayaknya film ayu azhari ini nggak pernah beredar) amat sangat tidak kreatif. Oh Gosh, what the hell dengan tim kreatif poster-poster ini. No comment. Tak perlu mengomentari hal bodoh seperti ini.

12. BESTFRIEND? jiplak EMPLOYEE OF THE MONTH



Kayaknya disama-samain aja deh gara-gara posternya menampilkan 3 orang yang menaiki kereta dorong .

13. BANYU BIRU jiplak SWADES (Film India)



Mirip nggak? Kayaknya nggak deh kalo ditinjau secara keseluruhan. Coba perhatiin baik-baik.

14. AYAT_AYAT CINTA jiplak FANAA (Film India)



Bisa jadi nih film posternya emang jiplak. Coz, pas film ini diikut sertakan pada sebuah ajang festival internasional bareng film KUNTILANAK 3, SUNDEL BOLONG dan GET MARRIED, pihak MD Pictures sempat kecewa pada pihak Indonesia karena memasang poster resmi yang diedarin hanya di Indonesia ini, ke luar negeri. Takut ketahuan kali ya. Hehe.. coba ajah karakter Maria dibuang dan fokus gambar cuma di zoom pada wajah karakter Fahri dan Aisyah, pasti tambah fenomenal. Sayang banget, film se-booming ini memilih poster yang blo'on.



Nih, guys hasil editan gue kalo tokoh maria diilangin. Menurut lo gimana?.

15. PAKU KUNTILANAK jiplak TRUEBLOOD (serial televisi)



Ada yang bilang posternya mirip film si Megan Fox; Jennifer's Body. Tapi hei, film semi porno nya DP ini tayang di Indonesia kapan? Kan lebih dulu film ini daripada film si Megan? Makanya gue memasang poster serial TRUEBLOOD yang kayaknya mirip. Bedanya, yang versi luar cuma memperlihatkan setengah bagian wajah, tanpa rambut tergerai, font yang lebih artistik, hidung yang lebih mancung dan lidah yang menjulur ke kiri, bukan sebaliknya. Jadi bisa dibilang kalo poster serial TV ini yang menjadi inspirasi film-nya si Megan yang (katanya) transeksual. Ih, wow!



Nih, poster film si Megan. Ih wow! Amrik juga doyan jiplak rupanya.


16. PINTU TERAKHIR jiplak KILLING ME SOFTLY



Hell, yeah! Ini penemuan gue. Gue nggak sengaja liat nih poster KILLING ME SOFTLY pas lagi nyewa film di rental. Eh, setelah gue perhatiin cover KMS sama film based on a novel Sekar Ayu Asmara ini, kok sama ya? Hahaha... Ketahuan deh!

7 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus boi ;)
secara umum aja,dimana2 tindakan plagiat bener2 memalukan.
itu aja dari gw,slebihnya msalah teknis film gw no komen aja,bukan film-addict gw.

tp thanks uda kasi link :)

dimas.

Amelia Rachmad mengatakan...

thx juga bro udta komen
I appreciate that

Mthaa mengatakan...

haha keren2.
dpt drmn sih bas kyk peginian? hihiii .
ga seru kali indo kali ga jiplak . hha .

Amelia Rachmad mengatakan...

thx metha-chan

ak dapet dari serching2 gitu

benernya kabar ini tuh udah basi
tapi teteup ajah terjadi pengulangan
contoh terbaru filmnya DP yang masi anget2 di tivi Indonesia gara2 kena cekal coz banyak adegan syur

hmm, miris banget

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

sebagian ragu juga jiplakan apa cuman kebetulan, tapi yg bener2 jiplakan tuh spt Selamanya, Roh, Namaku Dick, Tia Maria, Pintu Terlarang, Rasa, dll yg jelas2 jiplakan dari sudut manapun...
Anyway emg susahnya bikin poster apaan sich?? biar jelek bgt gpp lah yg penting buatan sendiri, ya gak?? ;-)

Anonim mengatakan...

duh,miris deh baca komen2 diatas ...please jangan mojokin indonesia dong...kan yang nulis blog ini jg udh blg,kalo ada jg film luar yg posternya serupa sama poster inti.jd jangan langsung mojokin film indonesia dong...emg sih msih prlu ditingkatin lg tp klo trus2n brpikir film indo jlek ntar kita jd bener2 benci sma negara sndri...lgipula mnrutku gk semuanya yg dr indo tu jiplakan kok.tu mslah inspirasi aj